Posted by: Black_Claw | February 23, 2007

TUTORIAL : CARA BEGO HIDUP ORANG IT DI DOMPU

PESAN PENTING SEBELUMNYA :
Dikarenakan tulisan ini adalah Backup dari blog yang lama, mohon maap jika informasi tidak up-to-date. Berikut terdapat banyak kebohongan, tapi saran saya, cobalah kebohongan tersebut untuk mengetahui, bohong apa tidak, karena pengalaman adalah guru yang berharga.

************************
************************
************************

tes… tes… tes… tes..tis… satu dua.. tiga.. empat….
oke! Selamat jumpa kembali dengan Black_Claw dalam tutorial baru yang paling heboh dari semua tutorial yang pernah saya pribadi buat.
Ngomong-ngomong.. hmmm… Sudah cukup lama tidak bikin tutorial, jadi saya agak… gimana… gitu…
Oke… tanpa kata-kata lebih lanjut, inilah tutorial yang paling gress yang anda pernah baca… yaitu…
JREEEENGGG!!!!
TUTORIAL : CARA BEGO HIDUP ORANG IT DI DOMPU

Lalu… apa yang melatar belakangi ditulisnya tutorial ini…? Well, dengan semakin sedikitnya lapangan pekerjaan di kota-kota besar, kita bisa melirik daerah-daerah terpencil untuk bekerja, khususnya di bidang-bidang yang jarang, seperti telekomunikasi. Tutorial ini juga ditulis untuk anda yang berjaga-jaga jika suatu saat kantor anda atau pimpinan anda MEMUTASI anda ke daerah-daerah yang jauh dari habitat anda.
Sebelumnya, kita akan mempelajari apa yang dimaksud dengan Mutasi. Mutasi, adalah proses transmutasi antar zat dengan elemen yang sama dan kuantitas yang sama hingga berubah tempat, bentuk, dan sifat asli zat tersebut melalui Alchemystry. Mutasi sendiri dapat dibagi dua menurut transmutasinya yaitu :

1. Anime Transmutation
Yaitu proses mutasi benda melalui lingkaran Alchemy yang dilakukan oleh seorang Alchemist dengan berprinsip kepada Prinsip Equal Trades. Rumus transmutasinya yaitu : RM=X Dimana RM=raw material dan X=benda yang dihasilkan. Cara ini cukup terkenal dikalangan Otaku dan lebih diaplikasikan untuk penggunaan Barter Barang semisal komik, lagu, manga scan, doujinshi, dan masih banyak lagi.

2. Herbal Transmutation
Adalah proses transmutasi 3 tahap yang mengubah Jahe, Temulawak, Kencur, Pasak Bumi, Lengkuas, Daun Jambu, Telur, Madu, Gula jawa, dan air menjadi Rupiah tanpa menggunakan lingkaran Alkimia. Tahap pertama yaitu pencampuran, dimana semua bahan dicampur menjadi jamu kuat, kemudian tahap kedua yaitu pemasukan, dimana campuran/liquid tersebut dimasukkan kedalam gelas, dan tahap tiga yaitu pengubahan menjadi Rupiah. Rumusnya yaitu RM+S=HJ dimana RM=Raw Material, S=Servis, dan HJ=Harga Jamu. Tehnik ini dipercaya telah dipopulerkan sejak zaman 1 Masehi dan masih bisa ditemukan di Zaman sekarang.

Salah satu Alchemist yang bergelut di Bidang ini adalah Strong Herbal Alchemist yang lebih dikenal dengan nama Mbak Min (nama aslinya Mbok Ma’imunnah) Yang sudah lama menekuni pembuatan Jamu Kuat yang lebih dikenal dengan nama Strong Herbal.

Untuk lebih jelasnya mengenai Mutasi, kami akan segera menghubungi Ustadz Jeffry Al Buchori atau yang lebih dikenal dengan U-JAY (Dibaca Ujeyh). Untuk sekedar Info, U-Jay memiliki hubungan Khusus dengan Personil CORN (Bukan KORN) yaitu J-Jay yang memiliki hubungan kekerabatan khusus dengan Rapper yang sering tampil di MTV yaitu JAY-Z, dimana beliau bukanlah Saudaranya B-JAH. Hal ini bisa dibuktikan Dengan Kata JAY tersebut, hanya B-JAH yang ga pake JAY.

Oh… Saat ini kami telah tersambung…

??? : "Hallo…?"
Black_Claw : "Hallo, apa btul ini Ustadz Jeffry Al Buchori?"
??? : "Woi…! Ini gue! Jepri Alias Jyfer di forum? Ngapain lo nelpon gue? Sejak kapan jadi ustadz? Btw.. Ustadz tu banyak uang ya…??? Oh, Jangan Jangan lo Eyang B yah? Woi eyang? Pa kabar?? AM dah baek oi!!! Oh ya, kapan ke jakarta lagi? Trus baga…"
Black_Claw : "…"
klek! (ini bunyi telpon ditutup loh, bukan bunyi orang sembelit)

"Maaf pemirsa… Kesalah sering terjadi saat siarang langsung. Sepertinya saya salah menekan nomor. Ahhh… kali ini kita BENAR-BENARRRR terhubung dengan USTADZ Jeffry."

Black_Claw : "Slamualaikum Ustadz!"
Ustadz Jeffry (Yang asli) : "Wa’alaikum salaam, warokhmatullakhi wabarakatuh…"
Black_Claw : "Syukurlah…asli… Oh ya, Ustadz, Nama aye Black, mo nanya, masalah pengertian Mutasi…?"
Ustadz Jeffry : "Sungguh pertanyaan bagus. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah, dengan diberikannya kita’ semua’ hidup yang bermasya’rakat untuk saling membantu. Ya, Mutasi… ahh… Sungguh indah hidup ini deng’an diberikannya kita Keindahan… Alam… Hijau… Mutasi… Yaaaa Robbanaaa… Aaatina… Fiddun ya… ‘Has’anahh… Sungguh… Hik…Hik..! (Ustadz Jefry Menangis)
Jadi, pengertian mutas’yi? mutas’yi, dalam tata bahasa sendiri’, diba’gi dua menjadi Mu’, dan Tas’yi’, yang jika berdiri sendiri tidak ada artinya(?), tetapi jika digabungkan menjadi mutas’yi yang berarti Perpindahan, atau bisa juga dikatakan Berpindah. Berpindah, atau hijrah, merupakan suatu yang pernah dilakukan Nabi Allah, Muhammad SAW, dimana kita juga perlu berpindah, dari hal yang buruk ke hal yang baik, atau dari Jakarta Ke Dompu. Sungguh, indahnya kebersamaan hidup ini jika kita bisa membantu sesama… Taqobbalallahu minna waminkum…. Walhamdulillahirobbill’aaalamiin…!"
Black_Claw : "terimakasih, Ustadz… Atas penjelasannya… Assalamualaikum..!"
Ustadz Jeffry : "Wa’alaikum Salaammmm, warokhmatullakhi, wabarokaatuhh… Aminn… amin…!"

"Ya, itulah penjelasan U-Jay ten…"
KRIIIINGGG!… KRIIIING!
Operator Acara : "B..B.. Telpon di Line 2… Angkat!"
Black_Claw : "ya.. ya.. Hallo?"
[b]JEFFRY[/b] : "Oi, B, Maksudnya Mutasi yang bener ntuh dipindahin dari kantor pusat ke kantor cabang yang lain! Gitu! Oh ya, bener khan, ini Eyang B? Jadi betulan nih, suara gue masuk Acara di AM? Woi eyang? Pa kabar?? AM dah baek oi!!! Oh ya, kapan ke jakarta lagi? Trus baga…"
Black_Claw : "… (-_-!)"
klek!(ini bunyi telpon ditutup lagi loh, bukan bunyi orang sembelit)

"OKEH! TANPA PANJANG-PANJANG LAGI, kita masuk ke bab satu!"

BAB I : MENGENAL DAERAH

Dalam kitab SENI BERPERANG VOLUME I yang ditulis oleh Yun-Chi yang saudaranya Yun-yun menantunya Lo yun Cay yang kerja di pabrik tekstil Chi-Kung, terulis : "Kenalilah daerah, sebelum mengenali calon menantu musuhmu.". Oleh karna itu, kita akan sedikit berkenalan dengan daerah tempat tutorial ini ditulis, yaitu DOMPU

Dompu, adalah sebuah kabupaten yang terletak di tengah pulau sumbawa yang diapit dua kabupaten yaitu Bima dan Sumbawa di Propinsi Nusa Tenggara Barat, Negara Indonesia, Regional Asia Tenggara. Beriklim SANGAT tropis dengan musim hujan dan kemarau yang tidak tetap, dan memiliki sebuah gunung berapi yang bernama TAMBORA. Memiliki sabana dan stepa yang luas dan banyak mata Air. Pekerjaan yang lumrah ditekuni oleh warga Dompu adalah Bertani. Sebagian yang lain bermatapencaharian ganda sebagai Petani dan nelayan.
Barang-barang dari daerah Dompu yang bernilai Ekonomis antara lain, Mutiara, Udang, Kayu Jati, Bawang Merah, Pasak Bumi, Dendeng Menjangan, Madu, dan terutama  SUSU KUDA LIAR . Karena itu, di dompu, tidak ada istilah Jinak-jinak Merpati. Yang ada adalah JINAK-JINAK KUDA
Dompu saat ini dipimpin oleh Bupati bernama Abubakar Ahmad (yang lebih dikenal dengan nama Ompu Beko). Foto terlampir

Dimana saat tutorial ini ditulis (2006), Ompu sedang dalam tahan Polda oleh KPK karena diduga melakukan Korupsi Anggaran Belanja Negara senilai 4 Miliar.
("Hwehehehehehee… Jangan senang melihat penderitaan orang lain! Penderitaan atasan baru Oke…)
Bahasa daerah di Dompu adalah bahasa Bima. Sebelum merdeka, Dompu merupakan kesultanan. Sultan terakhirnya adalah MT Sirajuddin. Orang dompu memiliki pakaian Khas yaitu pakaian Ninja yang disebut Rimpu, yaitu kain yang digunakan sebagai Jilbab. Gadis yang belum menikah, secara adat hanya boleh terlihat matanya saja. Rimpu merupakan pakaian yang luar biasa, karena, biasanya, di dalam rimpu, terselip pisau, parang, cabe, uang, dan banyak senjata lain untuk membela diri. Karena itu, sangat jarang ada hidung belang yang macam-macam dengan pengguna Rimpu. Mereka terkumpul dalam satu wadah organisasi yaitu PLTR (Perhimpunan lelaki takut RIMPU).
Objek wisata dompu yang cukup terkenal antara lain pantai Lakey,
 

 

dan Nanga Tumpu.
 

Oh ya, Nanga Tumpu sebagai objek wisata hanyalah pendapat saya pribadi. Sebenarnya itu hanyalah daerah yang keren sebelum masuk Dompu, tapi saya pribadi suka duduk-duduk disana kalo lagi dari pusat pake motor. Keren sih… Orang2 yang laen cuman jalan, brenti doang buat numpang kencing.

Tokoh tokoh yang terkenal yang berasal dari daerah Dompu antara lain, mantan menpan Feisal Tamin yang berasal dari Dompu

Dan yang cukup terkenal, setidak-tidaknya dikalangan teman-temannya sendiri adalah DJ Steve Dompu. Anaknya baba Pao toko Monalisa di Dompu.

Tapi yang paling membanggakan, adalah, Sopir-sopir M75 jurusan BlokM-pasar Minggu 75% nya adalah orang Dompu. Jadi, jika sewaktu-waktu anda naik M75, mungkin akan ada pembicaraan seperti ;
"woi… stop wau samporo, tatando aka wara wua re..!"
"Iyora.. Modapa.."
Mereka sangat terkenal dikalangan pengguna Metromini maupun supir-supir yang lain karena kecepatan dan ketepatan dalam mengemudi. Prestasi yang dapat dijadikan rekor, adalah waktu perjalanan dari pasar Minggu ke Blok M yang dapat ditempuh dalam 25 menit, meskipun Macet. Mereka sangat bangga dengan julukan yang diberikan ke mereka yaitu GDO (great driver Orangdompu).
untuk lebih jelasnya, silahkan klik :
http://www.dompu.go.id
(PERINGATAN! SITUS INI JELEK SEKALI!)

BAB II : UNTUNG DAN RUGI

IIa : Keuntungan
-Udaranya asik, bersih, dan karena tidak ada larangan Merokok, tempat yang sempurna untuk perokok.
-Dompu adalah pasar yang tepat untuk barang elektronik, apalagi Hape, karena orang Dompu uangnya banyak, cuman kaga tau mo dikemanain. Sering jika masuk rumah panggung dari kayu, didalamnya ada Komputer, kulkas, TV gede, Spring Bed, dan lain2 yang ada di kota.
-Banyaknya Sabana dan Stepa di Dompu membuatnya lokasi yang tepat untuk bikin Felem Kuch-Kuch hota Hai.
-Makanan yang murah. Ikan kakap putih sepanjang 60CM hanya seharga 10.000, sayur seikat 50, dan banyak lagi hanya bisa ditemukan di Dompu.
-Orangnya Lugu-lugu, jadi kalau anda penipu, datanglah ke Dompu.
-Kemana-mana bisa jalan kaki, Selain enak, dekat juga lokasinya.
-Orang Dompu sangat murah hati, apalagi soal makanan. Jangan takut kelaparan.
Jika tidak ada uang, hubungi tetangga anda. Dijamin anda akan diberikan makanan untuk seminggu.
-Bagi yang demen ninja, Bisa belajar ninjutsu di dompu. Ada Badanbesi no jutsu (ilmu kebal), Ngemo no jutsu (ilmu melayang), dan segudang Taijutsu (SILAT).

IIb : Kerugian
-Ga ada gramedia. Toko buku terdekat yang ada hanyalah kharisma di Mataram Mall, kota mataram, di pulau lombok. 700an kilo dari Dompu.
-Warnet mahal. 24-35 rebu sejam.
-Ga ada Mall.
-Ga ada SBY, tapi SBY pernah datang ke Dompu, dan itu merupakan rekor, karena
tidak ada yang pernah datang sebelumnya kecuali presiden Sukarno.

BAB III : MENYIASATI KERUGIAN

MENYIASATI WARNET YANG MAHAL
Yah, warnet di Dompu memang mahal. Jadi, memang perlu trik untuk bisa maen internet asik di Dompu. Bahkan, jika anda berpenghasilan, harganya-pun masih cukup tinggi, jadi, cara-caranya antara lain…

1. Membobol bank.
Cara ini termasuk mudah dikarenakan di Dompu tidak ada sistem keamanan dan alaram yang canggih. Cukup sediakan pemotong kaca, dan potonglah kaca jendelanya, dan masuklah. Meskipun begitu, cara ini tidak disarankan, karena meskipun satpamnya hanya satu dan udah berumur, Beragam Ilmu supranatural dikuasainya. udah gitu, hanya dengan memandang mukanya saja, apa ga down mental lo…?


gb Pak Satpam


2. Cari Uang tambahan
ya, cari uang tambahan. bisa dengan cara :
Bertani…
Jualan CiDi…
Atau jual diri…
Tapi yang beli cuman sapi!
Jadi cara ini tidak dianjurkan.

3. Maling Line Telepon.

Yah, cara yang mudah. Jika anda telah bekerja, sediakanlah Laptop, kemudian diam-diam masuklah ke dalam ruangan atasan anda saat ia tidak ada di kantor. Seorang Pegawai negri, terutama yang jabatannya tinggi, biasanya hanya datang pada pagi hari untuk mengisi absen masuk, kemudian pulang, dan datang lagi siang harinya untuk mengisi absen pulang. jika sudah berhasil masuk, cabut kabel telponnya, dan mainlah sesuka hati.

Studi Kasus :

telpon kantor gue analog. Bukan digital…
Tidak masalah… yang perlu kamu lakukan, adalah sediakan gagang telpon digital, dan coloklah ujungnya di modem laptopmu. Kemudian tempelkan dua gagang telpon tersebut berhadapan, dimana tempat bicara gagang telpon digitalmu menempel pada tempat mendengar analog dan tempat bicara analog pada gagang digital. Kemudian, agar tidak ada suara yang keluar, isolasilah keduanya.

Kemudian, lakukanlah dial-up lewat laptopmu, dan pada saat yang sama, diallah melalui telpon analog. Semisal kamu mendial telkomnet instan, maka saat laptop mendial 080989999, putarlah angka 080989999 pada telpon analog.
Dan… Voilla! Kamu berhasil log on!

Catatan : Jika kamu gagal, cek apakah jika kamu mendial,ada bunyi fax dari telpon digital.

BOS gue rajin, jadi kaga pernah bolos.
Wah… Pegawe teladan rupanya. tidak ada masalah, Carilah Kotak kuning berlogo TELKOM di sekitar kantor anda.

Nah, anda akan melihat dua kabel yang keluar dari kotak tersebut. Hanya dua! Pastikan dua! Jika lebih, bisa dipastikan itu adalah kabel Radio Amatir.

Ambil dua buah jarum, kalo bisa jarum emas, karena emas adalah penghantar yang baik, dan seutas kabel telpon, lengkap dengan Plug-nya. Tancapkan plugnya ke modem, dan kupaslah ujung yang satu. Anda akan menemukan dua kabel kecil di dalam. Hanya Dua! Pastikan hanya dua. Jika lebih, itu adalah kabel Lan. Jika kurang, dipastikan itu adalah tali celana dalam bos anda.

Berikutnya, sambungkan masing-masing kabel ke jarum, dan tancapkanlah jarum itu masing masing ke kabel yang keluar dari kotak. Pada beberapa kasus, kabel dua utas yang keluar dari Box pembagi tersebut biasanya dibungkus menjadi satu kabel. untuk itu, cobalah mengira ngira dengan meraba2 dan meijit2 kabel tersebut, dan temukan dua kabel isinya didalam, kemudian tancapkan. Harap di-ingat, jangan sampai dua jarum tersebut bersinggungan.

Masalah kesetrum, jangan taku, tegangannya tidak membahayakan. Bisa dibilang, anda tidak akan merasakan kesetrum. Tegangannya kecil kok… Kayak batere…

Tidak ada kotak pembagi tuh…
Oh.. Berarti ente kantornya gak punya telepun… Mudah… perhatikan lingkungan sekitar anda, dan temukan Tiang telpon. Jika sudah menemukan satu, telitilah lagi, apakah benar itu tiang telpon dan bukan tiang listrik! Ingat…! Bedakanlah antara tiang telpon dan tiang listrik! Kemudain siapkanlah kabel telpon yang sesuai tingginya dengan tiang listrik tersebut.

Jika sudah menemukannya, panjatlah tiang tersebut setengahnya. Sampai ditengah, telitilah sekali lagi apakah yang anda panjat adalah tiang telpon atau tiang listrik, karena jika menggunakan tiang listrik, laptopnya ntar rusak… Sayang khan?

Nah, kemudian, ikuti langkah-langkah sebelumnnya, hanya saja, kali ini tidak menggunakan jarum. Langsung aja kupas kabelnya, trus iketin di salah satu line yang anda temukan. Satu line = dua kabel.

Hati hati saat memanjat, karena bisa jadi anda jatuh. Ciri-ciri jatuh dari tiang telepon antara lain :
-Anda merasa pusing dan mual.
-Tiang telpon masih diatas anda, padahal perasaan sudah anda panjat.
-Tanah terasa sangat dekat dengan anda.
-Ada orang yang mengerumuni, bahkan menunjuk-nunjuk anda.
-Pada beberapa kasus, ada cairan merah yang mengalir dari kepala anda.
-Anda akan mendengar sirene ambulans. Biasanya diikuti sirene Polisi.
-Pada beberapa kasus lainnya, anda tidak merasakan apa-apa, kecuali perasaan damai, tenang, dan disekeliling anda serba putih.


(keadaan normal bila jatuh dari tiang)

BAB IV : MAKANAN

Sudah dikatakan sebelumnya, bahwa makanan tidak terlalu menyusahkan di Dompu, tetapi, jika anda memiliki harga diri yang tinggi dan malu minta bantuan tetangga, anda bisa mendapatkan makanan dengan cara lain. diantaranya…,

1. Berburu Sidat. Sidat adalah Ikan air tawar yang enak dan lezat. Hidup di sungai-sungai disektiar rimpun bambu. Sidat memiliki bentuk seperti Belut, hanya saja lebih besar.

Untuk mendapatkan sidat, belilah senar pancing ukurang extra tebal dan kail extra besar juga. untuk pemberatnya bisa anda gunakan baut, batu, bahkan obeng. Sidat, tidak seperti ikan kebanyakan, dia akan langsung memakan tanpa pikir panjang umpan yang anda pasang. Untuk umpannya, bisa digunakan kodok mati, potongan ayam mati, atau apa saja mahluk hidup yang mati. Jika anda tidak suka dengan tetangga anda, bisa juga anda jadikan umpan.
Jika umpan sudah siap, lemparkanlah kedalam kali disekitar rumpun bambu, kemudian tinggalkan. Esoknya, jika anda beruntung, anda akan menemukan sidat siap masak diujung kail anda!
Hati-hati, karena bentuknya seperti Ular, anda harus bisa membedakan mana yang sidat, dan mana yang ular. Caranya adalah dengan MEMAKANNYA Jika setelah memakannya, perasaan anda kira-kira seperti perasaan anda setelah jatuh dari kabel telpon, khususnya yang terakhir, bisa dipastikan anda salah mengira Ular Sebagai Sidat.

Cara lain mendapatkan sidat tapi tidak terlalu disarankan, adalah dengan menggunakan Ninpo, Kuchiyose, Suiton, Chou Unagi no jutsu (Ninja Technique, water release-Big Ell release).

Segelnya adalah Burung, Babi Hutan, Anjing, Burung, dan Ayam. Lakukan jurus ini ditempat dimana anda yakin habitat sidat. Porsentase mendpatakan sidat dari jurus ini adalah sekitar 15%. Jika tidak, biasanya Godzilla yang keluar. Karena itulah cara ini tidak terlalu disarankan.

Beberapa waktu yang lalu, seorang oknum PNS di Dompu menggunakan jurus ini dan yang keluar adalah Godzilla, karena itu, secara resmi, Bupati Dompu mengeluarkan perda no 9 untuk kabupaten dompu mengenai larangan menggunakan .Ninpo, Kuchiyose, Suiton, Chou Unagi no jutsu
(Ninja Technique, water release-Big Ell release).

Jika anda tidak begitu tertarik menangkap sidat, masih ada barang pengganti lain yang bisa anda jadikan bahan makanan, yaitu Pete Dompu (Peteis dompuvus). Hanya saja, jangan sampai anda menginjak
Tai Anjing (Cannus Faeces). Di dompu, adalah pamali yang pantang dilanggar jika saat anda memungut Pete, kemudian menginjak Tai anjing. Untuk itu, anda harus bisa membedakan antara Pete Dompu (Peteis dompuvus) dan Tai Anjing (Cannus Faeces).

Pertama tama, perhatikan perbedaan warnanya. Pete Dompu (Peteis dompuvus) berwarna Hijau sedikit kehitaman, sedangkanTai Anjing (Cannus Faeces) berwarna kehitaman dengan sedikit hijau pada bagian rumput.

Bisa juga dibedakan dari baunya. Pete Dompu (Peteis dompuvus) berbau seperti tai anjing, tetapi membuat and lapar, sedangkan Tai Anjing (Cannus Faeces) berbau seperti pete, tetapi membuat anda mual.

 

Terakhir, anda bisa membedakan dari textur dan rasanya. Pete Dompu (Peteis dompuvus) bertekstur keras diluar, lembut didalam, rasanya pait dan gurih, sedangkan Tai Anjing (Cannus Faeces) bertekstur keras atau lembek luar dalam, tergantung mood si Anjing. rasanya rame seperti nano-nano. Manis-asam-asin, Rame RASANYA!"

 

Jika anda sudah membedakan, mana Pete Dompu (Peteis dompuvus) dan mana Tai Anjing (Cannus Faeces), hindarilah menginjak Tai Anjing, dan pungutlah Pete Dompu.

"Akhir kata, kunci kesuksesan dalam hidup bukanlah pada cara, tetapi pada niat. sekian tutorial kali ini, dan sampai jumpa!"

KRIIIINGGG!… KRIIIING!
Operator Acara : "B..B.. Telpon LAGI noh, di Line 2… Angkat!"
Black_Claw : "Hallo?"
JEFFRY : "Oi, B, bener khan, ini Eyang B? Jangan bokis lo ah! Pasti lo si Black_Claw! Gue tau, pasti iye! Ngaku deh lo…! Gue gak bisa diboongin! Jadi betulan nih, suara gue masuk Acara di AM? Woi eyang? Pa kabar?? AM dah baek oi!!! Oh ya,

kapan ke jakarta lagi? Trus baga…"
Black_Claw : "… (-_-!)"
klek!


Responses

  1. hahahaha gila bangett keliatannyaaa Bos bos btw minta foto lakey ama pemandangan lainnya donk plisss saya mau masukkan ke dalam tag dompu di blog saya.

    dan Insya allah nanti kalo pulang mau cari data sebanyak-banyaknya di dompu untuk isi blog hihihih.

    Aku Cinta Dompu…..
    cinta cewek atau cinta daerah yach hihihihi jadi malu kekekkkeke

    blogku udah aku tambahkan tag dompu moga aja bermanfaat buat kita semua.

    AMIN

    Like

  2. whakakakaka..
    asli bro.. gw ngakak berkali2 baca ini.
    yah goodluck aja deh.
    Ganbatee!!!!

    Like

  3. Ente ngalamin sendiri dulu coy.. Pastinya lebih lucu..๐Ÿ˜€
    (tapi banyakan nyakitnya..)
    hakhakhakhakhakhakhak!

    Like

  4. woh dasar cah gemblung…rada gila loe ah black…wakakakka

    Like

  5. Hahahahaha……
    gokilll abiissss…..

    Like

  6. Bwakakakakaka… gila loooooeeeee !!!!!

    Like

  7. hahahaha nggak tahu harus komentar apaan! Aku mbacanya sampai ketawa terkentut-kentut!

    Like

  8. Saya juga nulisnya sambil kentut loh om…๐Ÿ˜€

    Like

  9. au rawi nggomi doho di ka maja kaimu rasa ndaimu sakola katantura di tu”u kai mu rasaka salam piss ai jana ka maja rasamu lenga sera nggomi doho saya orang dompu kalian jangan menghina saya punya kota biar begitu itu kota kelahiran saya dilihat dari situs ini tampaknya kalian mahasiswa dari malang.judulnya tidak enak di baca,and terlalu menganggap orang dompu itu kurang terpelajar

    Like

  10. dompu adalah kota terindah bagi saya jangan menghina kota kelahiran saya kalau kamu orang dompu berusahalah mencintai daerahmu sendiri janga diejek begitu dong! nanti kalian jugapulang kampung,tampang2 kaya kalian ngga” laku dijawa makanya saya nasehati spy kalian pulang bangun bumi nggahi rawi pahu okey! jangan marah teman

    Like

  11. lucu juga bro tapi jangan ngeje gitu dong gini2 gw orang dompu yang tau IT loh!

    Like

  12. Oh ya? Ndede toh? Kok orang IT situsna henggasideka server not found?
    khahahahahaha!!!!

    Anda juga salah… Sori… Saya TIDAK PERNAH kuliah di universitas. Maklum miskin.

    Like

  13. ~tampang2 kaya kalian nggaโ€ laku dijawa~
    WTF???!!!

    BA***E(tm)

    apa situs cingi.co.nr yang jelas2 bukan bikinan orang IT kalah?????

    Like

  14. Gak usah disensor yan… =))
    yang pasti http://aniplasma.co.nr lebih gak kalah dari cingi.co.nr

    WAKAKAKAKAKAKA!

    *ngiklan*

    Like

  15. ente harus tanggungjawab blek…..
    ane baca artikel ini d lab dimarah orng2 coz pas ane baca ane ketawanya kras bgt….

    kepale lab ane marah tuh….

    Like

  16. ya tuhaaaaann…… dasar Homook!!!!

    btw, terimakasih, saiah terhibur sekalih…. secara barusaja kehilangan, HDD 40 GB saiah terbakar habis…

    Like

  17. numpang ngakak blek =))

    Like

  18. wakakaka… ada2 sajah

    BTW satu genre dgn tutorialx http://www.malesbanget.com yach???

    Like

  19. HOY BRO… MENGHIBUR BNGET TULISANNYA, SY JG ORANG ASLI DOMPU TAPI LAGI STUDY IN FOREGN NIH CERITANYA, BACA TULISAN ANDA MELEPAS KERINDUANKU PADA SURGA NGGAHI RAWI PAHUKU TERCINTA…..
    MAKASIH OM YA….

    Like

  20. gila….gila gua bacanya sambil ngiler…. salut man

    Like

  21. bune haba

    Like

  22. Taho๐Ÿ™‚

    Like

  23. ass…… kahaba sara’a japu (sosialisasi) sara’a dou dompu, mumpung ura ke, ngguda fuu haju agar ada resapan air & dompu bebas banjir , aina ipi nuntu politik ncau…….. na I A ba generasi selanjut krn keserakahan kita skrg………….

    Like

  24. mada dou surabaya
    tolu mba’a karawi di dompu
    ok jack . terima kasih tulisan dan fotonya
    buat bengobat rindu.
    Ita ke dou ringo pala.
    Aina ngango dae ha ha ha ha

    Like

  25. Walah, kerja dimana neh bos.. ?๐Ÿ˜€

    Like

  26. lucu-lucu blogny… ada lagi ngga.. tentang daera

    Like

  27. woi bro gw jd pengen blik klo liat fto2 td, tnx buat humorny bro walupun rada garink tp gw kehibur juga. gw dah 1 tahun g blik rumah makany rada kanjen. posisi lu pada sekarang dmn?????????

    Like

  28. Lagi di sumbawa.

    Like

  29. sumbawa mn bro?? lu pd knal yanuar gaaa????

    Like

  30. Kenal. Dia anak pajak teman saya. Sekarang saya sudah di Dompu.

    Like

  31. tai kucing lu black๐Ÿ™‚ aku ketawa terus baca blogmu.
    happy crazy

    Like

  32. gGILAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Like

  33. au maksud ake………………………….

    Like

  34. bingungggg!!!!! gimana seh bentuk tulisannya…jadi gak ngerti….

    kalo ndaimu re dou dompu….kantika sato’i ja tulisan ree….arie doho…..
    loaku di kawara ma dou ma kali au ra karawi re…

    sukses selalu yah

    Like

  35. kalau dilhat…foto2 diatas kayak mantan anak2 SMA 1 Mataram. Foto Guru Olahraga SMA 1 Mataram

    jika diidentifikasi
    1. Najah
    2. Heru – J Jay
    3. –Unknown– –> lupa maksdnyah
    4. –Unknown–
    5. Guru Olahraga SMA 1 Mataram – Mr. Yahya

    Like

  36. Bwakakakakakkak! ada gaus… kapan lulus oi..

    Like

  37. woy bangke!! diatas gw!! … wkwkwkwk
    jangan sebut2 nama napa…
    lulus? Insya Allah bentar lagi…doakan saja lah kawan…

    BTW nie sapa ya?๐Ÿ˜€
    inget buka ini site…gara2 masuk warnet di Cikini, ada bb17 kebuka,,,trus buka salah 1 link,,,ternyata nyangkut ke blackclaw…hayoo…jangan2…ikutan bb17 forum yak…๐Ÿ˜€

    ente dimana bos sekarang?
    udah kerja ato gimana?

    Like

  38. wah, saya seh pensiun di bb17, cuman fans masi banyak di sana.๐Ÿ˜€

    oh, saya? saat nulis ini saya lagi di jakarta.
    kerja? sudah. tapi kerjaan saya tinggal di ntb.๐Ÿ˜€

    Saya siapa? ah, pikirkan saja. googling saja. heker kok nanya.๐Ÿ˜›

    Like

  39. bangke…siapa yang heker? ceker ayam kaleee….๐Ÿ˜€
    ya sudah… ntar tanya temen – temen aja siapa seh black claw aka blaxnux ini yang jadi heker…๐Ÿ˜€

    Like

  40. cabut ah…mata sepet 5 watt…udah gak jelas nulis apaan diblog inih

    Like

  41. kawkawkwakawkwakkawkawkawkawkaw ngkakak sambil megangin gelas….. kwakwakkwakawkawkawkkakawkaw

    Like

  42. saya org Dompu,sy kul di solo
    sblmnya org2 di sn gk tw ttg dompu
    pi sy dah crita sdikit ttg kota dompu
    wlaupun gk banyak yg tw ttg dompu
    sy bangga menjadi org dompu
    org2 yg sy cintai smuanya ada di dompu
    I Love Dompu

    Like

  43. […] bisa berkenalan dengan Black yang blognya kocak dan gila itu. Artikelnya tentang cara membedakan tahi anjing dan pete Dompu adalah salah satu yang paling tidak bisa kulupakan kegilaan […]

    Like

  44. ah… indahnya negeri dompu…

    Like

  45. aq dulu kuliah d jog dan d kampus aq tuch banyak anak-anak dompu,dan aq punya sahabat namax dian,dia doyan banget maen k mall teryata d dompu gk ada mall y?????boleh juga nich infes d dompu,kayakx lucu juga buka usaha tempat nongkrong d dompu,he.he.he……….
    buat temen2 aq orang asli dompu aq kangen akan celotehan kalian,apalagi bahasa kalian yg hampir mirip oarang india……….ANAK-ANAK DOMPU…..Brapo

    Like

  46. ha333 xlian bz z cina ra angi…..oh ya knp nda buat br lg….?

    Like

  47. gimana keadaan kota dompu……….?

    Like

  48. bgus ch? ne jg bgus bgt buat memotifasi rang dompu yg hdupx cm bgitu2 ja…

    Like

  49. Hmm,…

    santabe ke..

    benar-benar mantaff tulisannya, mengalir seperti sungai kalate (yang ada di kota baru) hehehe…

    salam kenal…

    The_JaeV

    Like

  50. Saya jg dari Dompu,

    gimana harga warnet disana???

    masih mahal kah???

    Like

  51. Irae! Jefri! De waur nae sia kamanae! Bwahahaha!

    Like

  52. cara gila untuk hidup *PERGI KE DOMPU!*

    Like

  53. Ti wara piti ti wara honey ……………..ya iyalah ….jaman sekarang mana ada yang gratis…..hehehhehe VIVA………….DOMPU

    Like

  54. lebayyyy dehhhh,,
    Dompu gag parah sperti itu kalee mazz,,
    maz’y aja tuh yg lebai buat blog,,
    biz’y bkan orng dompu sehhh๐Ÿ˜›

    Like

  55. nice………………………………….^_^b…………………………………………………………………………….

    Like

  56. Hujan emas negeri orang, hujan batu negeri sendiri.
    Saya bangga jadi orang Dompu..

    Like

  57. na tantuku ringu NA DOU DOMPU KE……MA TUNTI FILE AKE.BERSYUKUR APA YANG DI KASI AINA KA NDEDE RASA MA RASO RO NTIKA RE,,,PEA2 WA’U NAMI MA NGENA MORIMU PEDE RE,KOMBI MA NGGE’E IMPI AKA DOMPU NDAIMU MA TUNTI RE…HMMMMMMM
    ALLOHU AKBAR!!
    ALLOHU AKBAR!!
    ALLOHU AKBAR!!

    KALEMBO ADE HAN

    Like

  58. inae ede aun ncau isi blog ke.. bune haba ese mai rasa re..

    Like

  59. nasoronggi tantu nggahi ra tunti…cinaeee…..

    Like

  60. SUMPAQH NGAKAK AKU BACANX BRO

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: