Posted by: Black_Claw | April 24, 2007

Dompu Disepelekan Lagi. Kesian…T_T

Lagi-lagi sebagai daerah yang selalu dianggap hanya satelit, Dompu diremehkan. Beberapa bulan yang lalu saya sudah sangat gembira mendengar akan adanya internet dengan koneksi 256kbps yang akan dipasang di Dompu untuk keperluan pelajar (baca juga : Di Dompu ada Internet?), sampai tiba-tiba kemarin, pak Yanto (Suharyanto) mengatakan bahwa permohonan yang diajukan dibatalkan oleh pemerintah pusat (Komennya ada di tulisan tersebut).

Oke, saya no problem kalo memang Internet di seluruh kabupaten di Pulau Sumbawa memang seluruhnya dibatalkan. Mau bagaimana lagi, penggunanya memang tidak sebanyak di pulau jawa atau lombok. Wong penduduknya sendiri hanya sedikit kok.
Masalahnya, yang membuat saya geram, marah, mangkel, menyundel-nyundelkan, adalah bahwa kabupaten Bima dan Sumbawa mendapat jatah! Loh? Kok Dompu nggak? Apa yang kurang dari Dompu untuk dianggap kabupaten? Dompu memiliki bupati sendiri (Walaupun yang sekarang adalah pelaksana karena bupati asli ditangkap korupsi). Dompu memiliki anggota legislatif sendiri. Kantor daerah Dompu berdiri dengan tegak, ga ganti-ganti. Dompu punya rakyat yang mampu bayar pajak. Bahkan Dompu TERMASUK dalam SUMPAH PALAPA yang diucapkan Gajah Mada!

Kalau seperti ini, saya lagi-lagi teringat ketidakadilan untuk Dompu. Dompu itu kabupaten, tapi kantor pelayanan pajak di dompu hanyalah kantor pembantu (KP4). Pajaknya selebihnya disetor ke bima. Dompu itu kabupaten, tapi generator listriknya diambil dari Bima. Padahal, menurut Bung Joni Keke, yang sudah saya tanyain sebelumnya, mesin tersebut adalah sumbangan dari Bule untuk orang Dompu. Benar atau tidak, entahlah, yang pasti dengan adanya pembagian listrik seperti itu, kabupaten Dompu selalu mengalami mati listrik sekejap yang tidak dapat diprediksi. Akbatnya tentu saja kulkas, TV, monitor, dan alat-alat elektronik yang lain jadi rusak. Bahkan jiwa pemilikpun rusak karena memikirkan harga-harga barang yang dirusak listrik. Kasihan.

Apa yang diinginkan pemerintah pusat dari masyarakat Dompu? Ingin mengadu rakyat Dompu dengan Sumbawa dan Bima? Mau bikin perang saudara? Terlalu banyak ketidak adilan seperti ini!

Oke. Saya memang tidak termasuk warga asli Dompu. Memang, orang tua saya bukanlah orang asli Dompu. Tapi saya tahu, Langit sebagai atapku dan bumi sebagai alasnya. Selama saya bertugas dan sebagainya di kabupaten Dompu, langit Dompu telah menaungi saya dan Bumi Nggahi Rawi Pahu pijakan saya, maka saya adalah bagian dari Rakyat kabupaten Dompu yang mengharapkan keadilan pembangunan di Indonesia Timur disama ratakan. Rakyat Dompu yang asli mungkin tidak berbicara banyak, tapi itu disebabkan karena mereka memang Tidak Tahu akan hal ini.

Sungguh “terkenal” dan “hebatnya” kabupaten Dompu sampai pak Tantowi Yahya dari Wowantubi a milyuner mengeluarkan pertanyaan diatas titik aman kedua, pertanyan yang dekat dengan si satu milyar :

“Dimanakah letak kabupaten Dompu? A. Sumatra B. Sumbawa C. Sumba D. Kalimantan?”
“Jawaban anda?”
*yang duduk di kursi panas mikir-mikir*
“C. SUMBA!” Jawabnya.


Responses

  1. Yoi… Seperti biasa… Beda pulau beda pembangunan ada, sekarang sama pulau juga ada.

    Turut berduka cita untuk (ORANG YANG KERJA DI) Dompu… |:(|

    Like

  2. T_T

    ……
    ….

    ..
    .

    Like

  3. baka baka shi

    Like

  4. oh iya satu lagi, anggota DPRD dompu diperiksa polisi mataram karena cewek panggilannya mati di kamar hotelx. dahsyat gasakan orang dompu!

    Like

  5. BASBANG! ORANG DOMPU ASLI SUDAH TAHU LEBIH DULU LAGI DIT!
    hakhakhakhakhak!

    Like

  6. sampai mana bossss,
    ini saya pake Ubuntu lho, nganti igos….. e…. sama2 gak bisa nyanyi, gimana instal winam doho dae?🙂, T_T

    Like

  7. Loh? Winamp ente kan ga bisa diinstal di linux pakguru…
    Suara ga ada?
    Baca helpnya pakguru..:D

    Like

  8. Hidup Dompu….
    Om om Bagi Daging Menjangannya donk…
    eh dading rusa donk om….
    eh Uta maju aja dech omm….

    kirim yach omm…
    tak tunggu….

    lagi pingin neh om……
    Pingin makan yang maju-maju….
    HIdup DOMPU

    Like

  9. Santai aja men… Diriku orang pelosok juga, internet susah, warnet ampir ga ada. Mudah2an dengan itu hidup jadi penuh dengan perdjoengan. Insya Allah nanti Dompu bisa jadi Silicon Valleynya Indonesia. Amin..🙂

    Like

  10. ato ro kamenta si co’o kai pura, karawi deka nol o dan nol 0………… hidup angkatan 93

    Like

  11. kira2 sigi kandaidua ka na nggori mba’a na ake atau mba’a na ncuwu ncau-ncau, alias wati ngawana taho. karingu ba dou kandai atau dou kandai ma ringu.

    Like

  12. Ntar Dompu jadi Ibukota Propinsi Baru Om🙂

    Amin…

    Like

  13. ok2 dompu lebih ditingkatkan lg. biar anak2 dompu bisa tau apa itu IT. jgn cman ksana-ksini doank. MERDEKA>….

    Like

    • Cp bilang Nak DomPu.. Ne Punya budaya Yg Kental baget norma2 g perna bisa lepas

      Like

  14. kasian dompu

    kapan bisa berkembang tuh…..!!!!

    poor u dompu!!!!!!

    Like

  15. we….!!!!!!
    bner bget salut ma tulisan_nya… dompu Mank salah Satu Kabupaten yg palilNg banyak G dikenaL ma Orang…. q Za walaupuN Bukan asLi Dompu taPi Sakit Bngeet dech ma Keadaan Dompu… TapI Q g prnah Putus semaget, Q bersyukur PUnya sekolah SMKN 1 dompu… sekolah smk Terfaforit Ne di kabupateN MiskIn, Listrik, daN Air,! karna Pa… ????
    Smkn 1 Dompu tu Dah Punya Jaringan Internet Yang cUkup Bat Konsumsi Nak smk atau Orang Dompu,Bkan Cma Itu loh.. Orang2 asing juga Sering numpang Di Smk Q, Whe… 1000 X Promosi Dkit G PP Kan…..Yg Jadi kendala Tenaga/Operator yng mgang fasilitas Internet di sini masih cukup minim kasian Pak Yanto (haryanto) sendirian Untung da OJI = ANA MoRI SATANDONA…. Rajin N selallu BantuIn Pk.Guru… Oy Lupa Bocor Dikit Sekolah2 Di Kabuapaten dompu juga ngambil jaringanX di smk loh… Tapi tetap Za miskin…
    MEMPRIHATINKAN
    Udah Ych sekilah Za lo Mo Lengkap
    Hub : aliemhambali@yahoo.co.id
    atau aliemtea@gmail.com
    081916872638

    Like

  16. mank ce……………..! Q jg sbg masyarakt dompu merasa kalo dompu di anak tiri kan.! KODONG nya di…………!

    Like

  17. mank ce……………..! Q jg sbg masyarakt dompu merasa kalo dompu di anak tiri kan.! KODONK

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: