Posted by: Black_Claw | July 23, 2011

Dissecting Acer Aspire One: Reset Bios

Jadi begini, itu Acer Aspire yang kemarin dioprek linpusnya (yoi, generasi pertama yang cuma 8giga flashdrive itu) saya pinjemin buat bantu-bantu ngetik surat kantor, dan setelah balik, biosnya dipassword sehingga ga bisa booting ke OS. Ga bisa ketebak passwordnya anjrit, dan sama sekali ga ada yang mau ngaku di kantor, entah orang yang masangin password lupa, atau ketidaksetimpangan di multi dimensional hole terjadi sehingga itu barang kepassword sendiri.

Cling cling~!
It’s magic.

What the fuck…

Oke, jadi ini kudu reset bios, yang berarti ini barang harus dibedah supaya nemu batre biosnya dan dilepas beberapa puluh detik supaya passwordnya ilang.
Dan saya cuma punya piso dapur sama obeng motor anjrit.

Pertama-tama, lepas semua baut di bagian bawah acer aspire, jangan lupa, ada baut juga di bagian bawah tempat kaki-kakinya yang dilapisi plastik itu, buka plastiknya.

Dan jangan lupakan juga, di bagian baterai ada 3 buah baut. Lepas baterai, anda akan melihatnya. Lepas semua.
Kalau sudah, mari kita lepas keyboardnya. Soalnya, di bagian bawah keyboard ini ada seubrek baut yang kudu dilepas juga.

Keyboard ini punya locking plastik yang snap, lockingnya bersembunyi di balik tombol, err, saya lupa… 1, 2, pokoknya semua tombol angka dan F di bagian atas, dan tombol Tab. Lepas tombol-tombol tersebut dengan mengungkit bagian tepinya, dan anda akan melihatnya.

Tahan empat locking tersebut, dan keyboard bisa diangkat.
Lepas kabel konektor keyboard ke body, dan anda bisa melepas lagi baut-baut yang nempel ke bodi.

Sekarang lapisan ini bisa dlepas. Jangan lupa lepas dahulu kabel yang menghubungkan touchpad dengan sirkuit utama agar saat anda mengangkat lapisan ini, kabel tidak putus.

Atherosnya cantik ya~?

Masih ada beberapa baut yang harus dilepas lagi disini, misalnya di wireless atherosnya. Oh, dan sebelum saya lupa, ada 2 baut yang harus anda lepas di bagian dekat engsel LCD. Ada semacam besi/metal penahan papan sirkuit utama disana. Jangan lupa untuk melepas kabel penghubung flashdrive (yoi, 8giga) di samping kanan dan kabel konektor ke LCD di kiri atas. Baut-baut yang di samping kanan ujung (papan terpisah) tidak perlu anda hiraukan.

Jika sudah, anda bisa membalik papan utama tersebut, untuk mengakses batre bios yang harus kita cabut beberapa puluh detik untuk direset. Eh, prosesornya juga kebalik dimari ternyata… 😀

Sekarang tinggal reset bios. Lepas saja itu batrenya beberapa lama…

…kemudian rangkai kembali itu Acer Aspire One.


Responses

  1. na na na~~ni.. nani na~~ ni ~~, eh iya ,, SATU !!

    Like

  2. Aduh, ga ngerti saya, terlalu geekly… Yang ringan-ringan saja lah, just like HowTo eat pancake gitu lah…. 😀

    Like

  3. ternyata jeroan AAO begitu yah?
    operasi pake piso berhasil juga ternyata.
    ck ck ck

    Like

  4. wah bisa bongkar sih enak boz ,gk bisa pasangnya nih yang susah , ada tips gk gmn caranya agr bisa bongkar n juga bisa pasang

    Like

    • Ada. Cukup satu dan penting.
      Bedakan BONGKAR dengan OBRAK-ABRIK.
      Pasti ntar bisa dipasang lagi, tinggal dibalik kok urutannya.

      Like

  5. wah bener-bener heker :mrgreen: bang blek bisa benerin ethernet laptop saya engga? 😀

    Like

    • Kemungkinan tidak. Anda dimana, saya dimana…

      Like


Leave a comment

Categories