Posted by: Black_Claw | June 18, 2013

Berkas Byousoku 5 Cm Terjemahan Onegai Shelter Yang Legend

Biarlah saya menceritakan sebuah kisah hari ini. Sebuah kisah tentang sebuah film yang sangat berharga, sebuah berkas yang sangat langka. Sebuah film yang demikian indahnya, sehingga bahkan laki-laki sejatipun akan menitikkan air mata.

Enam tahun lalu, adalah sebuah film yang sangat indah, baik secara bahasa, musik, gambar, maupun cerita, dibuat. Sungguh indah, sehingga setahun kemudian, seorang mahasiswa menemukan bahwa satu-satunya tujuan hidup ia dilahirkan ke dunia. Menerjemahkan mahakarya tersebut menjadi bahasa Indonesia. Itulah film dengan sub Indonesia keluaran Onegai Shelter, Byousoku 5cm, 5cm perdetik.

Sedemikian dedikasinya mahasiswa tersebut, sehingga setelah ia mengetahui bahwa tujuan hidupnya adalah nge-sub Byousoku 5cm, ia bahkan tidak memiliki sama sekali salinan dari film yang telah ia terjemahkan. Beruntungnya saya, seorang kawan yang waktu itu masih jomblo akut, mbulet sempurna badannya, dan tinggal di Shin Semarang III, mengirimkan salinannya ke Dompu dalam bentuk DVD. Sayangnya, akibat pengiriman yang tidak sempurna, terdapat goresan yang sangat dalam di DVD yang ia kirim. Mungkin itulah karma, yang bisa menjelaskan mengapa dia sekarang walaupun tidak jomblo akut dan tinggal di Shin Semarang III lagi, badannya tetap mbulet sempurna.

Sungguh, bermalam-malam saya begadang demi menyelamatkan film yang sangat berharga itu. Menyalinnya sektor demi sektor sehingga menjadi image di harddisk saya, memotongnya menjadi dua bagian sehingga 4 detik yang rusak akibat goresan dapat dipisahkan, kemudian menggabungkan lagi dua bagian tersebut. Ini semua demi sesuatu yang langka, sesuatu yang bisa disebut sebagai warisan dunia. World Heritage, kata mereka.

Sungguh, lewat film tersebut, begitu banyak orang yang menangis, yang terbuka matanya. Maka dari itu, saya berinisiatif menduplikatkan dirinya ke sebuah server yang tukar-tukaran resource dengan server milik komunitas yang nggak ngomongin anime. Dari sana, saya rsync-kan lagi dengan sebuah server ber-IP tidak jelas yang berada di kawasan bekas USSR, dan setelah sinkronasi selesai, saya wget dari sebuah server di Amerika Latin. Mesin-mesin tak bernama, hanya IP saja, dan tolong, jangan tanya bagaimana saya mendapatkannya. A little birdy told me their numbers.

Tahun berselang, berbagai versi terjemahan film Byousoku sudah keluar, dan kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia meningkat. Versi Indonesia Byousoku tersebut masih berada dalam ingatan, hanya lokasinya yang terlupakan.

Tahun 2012, dua orang nekat asal Bogor bersepeda keliling Indonesia dan mampir di Dompu. Saya membuat sebuah film pendek berlatar perjalanan mereka dengan lagu latar A Poem Of Sky And Sea. Ya, salah satu soundtrack dari Byousoku 5 cm.

Seorang kawan saya, Budiman, jatuh cinta dengan lagu latar tersebut, menanyakan lagu apakah itu, dari mana asalnya, dan demi saya ceritakan tentang Byousoku 5cm, ia berminat, sangat berminat, menontonnya. Sayangnya, bahasa Inggrisnya tidak seindah orang kebanyakan. Bagaimana nantinya ia bisa menikmati kata-kata yang indah di film itu? Saya berpikir dan teringat akan Byousoku 5cm keluaran Onegai Shelter.

Sungguh, sudah saya bongkar harddisk-harddisk saya tapi tidak menemukannya. Hanya versi-versi bahasa inggris. Seorang kenalan yang bekerja di Sumbawa memberikan harapan bahwa film tersebut ada di harddisk eksternalnya. Sudah saya bongkar pula, bahkan dengan tree ditambah > list.txt dan cat | grep *keyword*, tidak ada jodoh rupanya.

Maka saya menghubungi rekan-rekan satu milis komunitas yang nggak ngomongin anime. Hanya satu yang punya, yang berada di Bali, dan terima kasih, ia hendak mengirimkannya lagi berupa DVD ke Dompu.

Tapi saya sangsi, jangan-jangan kejadian DVD yang dulu akan terulang lagi. Pun desakan dari Boe, nama panggilan Budiman, untuk menonton film itu begitu intens, dan saya bukanlah orang yang tidak tenang jika tidak berusaha maksimal.

Berkas tersebut sudah tidak ada di server yang yang tukar-tukaran resource sama server komunitas yang nggak ngomongin anime, maka satu-satunya kemungkinan adalah mendapatkan IP address dua server terakhir, dan berharap bahwa berkas film tersebut masih utuh di dua server tersebut.

Bahwa harapan saya, butalah mata admin keduanya.
Malaslah admin keduanya hingga tidak memeriksa.
Dan bisalah saya menemukan IP tersebut dari ratusan daftar IP Address yang berupa teks ini, yang jumlah totalnya dua puluh tiga berkas. Saya mencobanya satu-persatu tiga malam lalu, semalam suntuk, sampai pagi.

Dan saya mendapatkan satu IP Address, IP Address server pertama.

Betapa senangnya saya, seperti melihat cinta pertama masa SMA, masa muda, masa bahagia. Tapi seperti kebanyakan kisah cinta anak SMA, kebahagiaan cinta tidak pernah berlangsung lama. Di server itu, berkas Byousoku tidak ada.

Saya kecewa. Sungguh, perjuangan yang luar biasa hingga bisa sampai ke titik itu, masakan semua ini saya biarkan berlalu? Tidak, tidak boleh menyerah, masih ada server kedua. Hanya bagaimana saya bisa menemukan IP Addressnya, itu saja.

Maka harapan saya hanyalah dua. Pertama, fakta bahwa dua server tersebut biasa saling wget-wgetan. Kedua, kemalasan manusia untuk membersihkan log. Dan menyelamlah saya diantara tumpukan log di server pertama, selama dua malam, seiring dengan minuman pekat yang diseduh dari ampas kopi, karena gaji belum dibagi.

Dan tahukah kalian? Saya mendapatkannya. Dan berkas Byousoku 5cm masih ada di daftar berkas server tersebut, bertanggal 09-06-2009.

Hari ini, catatlah oleh kalian, bahwa paket Telkomsel unlimited satu hari telah menjadi saksi berpindahnya tiap bit data sebuah file langka, dari sebuah komputer di Amerika Selatan ke Indonesia selama 21 jam. Dan baru saja selesai.

Maka saya memutarnya, menontonnya, menyelami dedikasi orang-orang dibalik pembuatannya.

Dan saya menangis…

Dompu, 17-06-2013
Budiman M. Said, Byousoku bahasa Indonesia sudah ada. Tunggu saya nanti malam di BCB, bersama kami, Dompu menitikkan air mata.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: