Posted by: Black_Claw | August 11, 2014

Arti Nama

“Namakan Ruhul Azka saja.” Ujar saya pada kakak angkat saya, tahun lalu, saat ia masih hamil dan mencari-cari nama untuk buah hatinya yang akan lahir. Ibu saya yang menyarankan kakak untuk bertanya ke saya tentang nama. Mungkin ia menganggap kosakata saya banyak sehingga bisa menciptakan nama yang bagus. Mungkin pula ia hanya merasa bosan melihat saya menamai barang-barang yang saya miliki hingga harus disembuhkan dengan memberikan nama ke manusia. Saya tidak tahu.

“Artinya, jiwa hari esok”

Kini, anak itu telah lahir dan cukup besar. Sehat. Sudah bisa merangkak pula. Kakak angkat saya datang ke rumah dan membawanya, untuk diperlihatkan ke saya. Bocah itu tersenyum lebar melihat saya, cowok tinggi besar yang pertama kali dilihatnya dengan sadar, mungkin. Saya terenyuh, dan membelai lembut kepalanya.

“Itu nak, pamanmu yang ngasih nama.” Kata kakak angkat saya sambil tersenyum, melirik putra pertamanya dalam gendongannya. Ia kemudian berpaling ke saya. “Namanya bagus, seperti namamu, dae…”

Saya memandang si bocah yang saya berikan nama Ruhul Azka, yang berarti jiwa hari esok. “Tidak, nama saya tidak bagus-bagus amat.” Ujar saya sembari membelai lagi kepala bocah itu sembari mengingat nama saya, yang diberikan oleh almarhum kakek saya.

“Nama saya berarti pembawa kebahagiaan pertama. Saya membawakan kebahagiaan ke orang, kak. Saya tidak mampu membawa kebahagiaan untuk diri saya sendiri. Saya tidak pernah memiliki kebahagiaan yang hanya diperuntukkan ke saya. Orang pun datang mencari saya karena ingin dirinya bahagia.” Sambung saya.

Saya menghela napas, kemudian menatap kosong ke langit biru yang terlihat dari celah antara atap dengan tembok rumah. Beberapa burung gereja bertengger di tembok. Kadang, saat angin cukup kencang, awan yang berarak perlahan akan terlihat indah dari situ.

Saya tersenyum dan melanjutkan, “Dan tidak ada yang datang hanya karena ingin membawakan saya kebahagiaan.”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: