Posted by: Black_Claw | February 3, 2016

Bersih Itu Yasui, Murah, Dan Pasti Indah

Seorang teman di Jepang mengabarkan ke saya bahwa di negaranya sekarang sedang gencar-gencarnya menayangkan promosi pariwisata Indonesia lewat media televisi. Itulah mengapa saya, yang biasanya eneg nonton acara Nippon tentang Indonesia akhirnya mencari tahu.

Oh, mungkin sebelumnya saya harus ceritakan kenapa saya eneg. Mungkin saya yang sial atau gimana, setiap kali ada acara dari Nippon tentang Indonesia, isinya selalu penuh dengan suara “Yasui! Yasui”, “Eee? Yasuuui!”, “Sugeee na, yaasuuui naaa!”

Kamu tahu yasai itu apa? Yasui artinya murah. Semua acara yang saya tonton sebelumnya penuh dengan komentar betapa murahnya harga barang-barang macam pakaian, makanan, dan sebangsanya di Indonesia. Murah loh, nasi goreng 70 ribu, suling bambu 150 ribu, tas kain 500 ribu…

“Sabaraha? go pek ceng ah? Yasui yasui ndasmu cok, yok matek matek wah side lao ngoa pu ama mu.”

Ah tapi ucapan saya itu tentu bias dan lumrah. Seperti yang tentu sudah diketahui khalayak umum bahwasannya saya itu terjebak dalam liang bernama ekonomi belum menengah sudah kebawah.

Kembali ke topik awal, akhirnya saya mencari tahu tentang tayangan tentang pariwisata Indonesia di TV-TV Nippon ini, dan terus terang, saya terperangah. Tidak ada lagi yasai-yasaian, tapi yang membuat saya terperangah bukanlah itu. Video yang ditampilkan indah sekali, tapi indah yang tidak terkesan lebai seperti promosi-promosi Visit Indonesia yang lalu. Bukan beauty shoot yang penuh dengan slow motion.

Lama saya berpikir, apa yang membuatnya bagus. Apakah white balance? Tidak. White balancenya khas white balance dangdut ngejreng di Indonesia. Sudut kamera? Lokasi gambar? Tidak.

Saya sudah ke mana-mana di Indonesia, banyak lokasi yang ada di video pernah saya kunjungi, tapi kenapa ada yang terlihat beda? Kenapa di video ini lebih indah?

Dan akhirnya saya sadar. Sampah.

Di video-video itu, tidak ada satupun sampah plastik terlihat sama sekali. Itu yang membuatnya beda.

Mungkin tempat-tempat yang dikunjungi tersebut sekarang sudah tertata kebersihannya. Atau mungkin juga hanya dibersihkan saat kemarin mau suting saja. Tapi yang jelas, jika Indonesia, yang sudah terlihat indah di mata saya saja bisa terlihat jauh lebih indah saat bersih, saya rasa itu hal yang patut diperjuangkan.


Leave a Reply

Categories

