Posted by: Black_Claw | May 2, 2016

Ini Bukan Bahasa Jepang

Dompoe Sultanate Crest

Kalau kamu suka bikin nick, nama panggilan, nama gaul yang kejepang-jepangan gitu padahal kamu nggak bisa bahasa Jepang, kamu tidak seberuntung penduduk kampung saya yang lokasinya Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Bahasa daerah saya penuh dengan kosakata yang mirip dengan bahasa Jepang. Rakaku, ou, iuna, tendo, toku, uma, sando, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pakai untuk bikin nick. Otomatis, walau kamu buta bahasa Jepang, kamu bisa ngeles dengan mengatakan itu bahasa daerah kamu.

Oke nggak tuh?

Ah, biar saya berikan kamu lima belas nama panggilan sok-sok Jepang yang nyatanya bukan Jepang, tapi dari bahasa daerah sehari-hari di kampung saya.

15. Raka Mariko
Artinya adalah Dapet Yang Goyang. Entah benda apa yang goyang-goyang itu, tapi kalau dipikir-pikir kok kayaknya geli-geli gimanaaa, gitu.

14. Karai Tokure
Dari nadanya saja, kamu bisa merasakan aura-aura bad ass. Kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia juga bad ass kok. Arti harfiahnya Jalankan Amarah Itu, jadi maknanya bisa bervariasi dari Bantai Mereka sampai Marahin Dia.

13. Nami Masai
Nami bukan gelombang. Nami itu kami. Nami Masai artinya Kami Yang Singgah.

12. Mai Sawai
Ini nama panggilan yang manis, cocok buat cewek. Kentara banget kan, femininnya? Artinya adalah Kambuh Pelitnya.

11. Dou Dawara
Nah, yang ini cukup maskulin. Artinya juga, yah, bisa dibilang cukup maskulin juga lah. Dou Dawara harfiahnya adalah Orang Yang Tidak Berpunya. Dengan kata lain, Orang Miskin.

10. Kaiha Maru
Yang satu ini berasa bau-bau periode Sengoku gitu. Ada kesan chaos, kekacauan, dan denting pedang beradu di dalamnya. Tidak lain karena jika dalam bahasa Indonesia, artinya adalah Ngerusakin Tidur.

09. Awa Masaki
Berkesan hebat, bangsawan, atau orang populer gitu nggak sih? Artinya kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah Di Bawah Sampah.

08. Sarai Amaku
Nah, yang satu ini kesannya juga rada-rada bonafit bangsawan gitu. Artinya adalah Mirip Bapak Saya.

07. Uta Mamori
Ini puitis banget. Dalam bahasa Jepang, kanjinya bisa ditulis sebagai Lagu Pelindung. Nah, kalau di kampung saya, ini artinya Ikan Hidup. Blup blup blup blup blup….

06. Ai Nakanari
Ini berasa nama-nama idol gitu yah, apalagi ada Ai-nya. Wah, idol banget tuh. Artinya, emmm… Jangan Pelan-Pelan… Loh, kok saya jadi mimisan ngetik ini?

05. Sasae Kai
Ada nuansa-nuansa pria pantai di sini. Mungkin karena yang ini artinya Lebih Tua kalau dibahasa Indonesiakan.

04. Hakoku Arina
Yang ini manis-manis gitu kan kedengarannya? Terutama bagian akhirnya itu cakep. Kalau yang ini berarti Gangguin Adiknya. Cie cieee yang gangguin adik orang…

03. Naru Mamade
Artinya kira-kira Panjang Loh, Yang Mati. Entah apa yang panjang itu, yang pasti itu udah mati. Kalau idup, berarti… Naru Mamori? Ih, yang panjang kalau idup kayaknya mengerikan…

02. Maki Tanao
Dalam bahasa daerah saya, Capek Belajar terdengar lebih keren, bukan?

01. Kiri Kamai
Ini nomer satu bukan apa-apa. Dalam bahasa Jepang, Kiri itu Penggal, Bantai, apalah yang seram-seram. Kamai sendiri bisa ditulis Selamat, atau Sabit, atau Tarian, dan gabungan dua kata ini bisa jadi Sabit Pembantai, Tarian Kematian, Terpenggal Sepenuhnya, dan kata-kata bernuansa kelam dan berdarah-darah lainnya. Kamu tau ini artinya apa di kampung saya? Selamat Datang.

“Yak, silahkan, bapak-bapak, ibu-ibu. Lembo ade mena, kiri kamai ita doho kaso aka dana ake, blablablablabla…”

00. BONUS – Samada
Samada, itu artinya Teringat, Kangen, atau Rindu. Dalam bahasa Jepang sendiri bisa ditulis 様だ, dibaca samada, dan bisa diartikan Seperti, atau Dia Yang Ditinggikan. Kenapa ini bonus? Pertama, karena saya teringat seseorang yang minta saya menulis sesuatu tentang bahasa daerah tempat dia tinggal. Kedua, di dunia ini beneran ada orang tuanya yang ngasih nama anaknya Samada.

Dia Furkan Samadha. Heker terbaik Dompu.
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10152314445048705


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: