Posted by: Black_Claw | October 28, 2016

Konspirasi Negeri Paling Brengsek

merah_putih__by_hachiretsu-d5jtpgv_1

Ah, kamu suka teori konspirasi dan semacamnya? Suatu rahasia yang tidak terlihat di permukaan tapi besar di dalam? Merapatlah ke sini. Saya akan menceritakannya ke kamu.

Tidakkah kamu merasa, kamu tinggal di negara yang tidak becus? Beda dengan negara teratur macam Jepang, atau yang paling dekat, Singapura? Kamu benci karena aparatur negara ini tidak sehebat di negara lain? Kamu benci dengan negaramu karena negaramu terasa sampah jika dibandingkan negara lain?

Ssttt… Dengarkan teori ini. Saya yakin, kemungkinan besar kamu tidak pernah mendengar hal ini sebelumnya.

Untuk tetap bisa berdiri saja, Indonesia sudah sangtlah hebat.

Di Indonesia, ada lebih dari 300 suku, tidak kurang dari 442 bahasa, dan 1400-an kelompok masyarakat. Dengan jumlah sebanyak ini, sudah bukan rahasia lagi kalau tingkat perpecahannya sangat tinggi.

Kamu tahu sendiri. Jangankan isu pribumi dan bukan. Sesama suku di Indonesia, sehalus-halusnya, tetap akan kamu temukan ucapan yang bernada pengkotakan.

“Ojo karo Sunda. Nginjek.”

“Jawa mi itu, Jawa mi!”

“Boleh kawin sama siapa saja, asal jangan cina Medan atau orang Padang.”

Dan semacamnya. Kamu tahu itu. Kamu bisa berpura-pura untuk tidak tahu, atau mengatakan hal tersebut bukan masalah besar. Tidak, itu tidak kecil. Itu hal besar. Besar sekali. Ketidakseragaman, adalah sesuatu hal yang fatal, yang menciptakan perpecahan selama kamu manusia. Jepang bisa maju karena seragam. Singapura bisa teratur karena perbedaannya sedikit. Indonesia? Indonesia terlalu beragam. Hampir sangatlah mustahil untuk membuatnya layak dihuni tanpa isu rasial yang menghancurkannya.

Tapi tidak, bukan?

Sejak tahun 1945 sampai sekarang, Indonesia masih berdiri.

Untuk membuat Indonesia bisa tetap ada sampai sekarang saja, untuk menjaga keutuhannya saja, untuk bisa tetap membuatnya enak dan nyaman didiami saja, tentulah sulitnya setengah mati.

Jadi, saat kamu melihat bahwa semua aparatur negara kok kelihatannya nyante, saat kamu mikir kok banyak orangnya kayak nggak ngelakuin apa-apa, pikirkan juga sedikit kemungkinan ini.

Mereka pasti melakukan sesuatu, mungkin kamu yang nggak tahu. Karena, jika mereka sejatinya semuanya memang cuma ongkang-ongkang kaki nggak becus, negeri ini pastilah sudah hancur dan pecah dari dulu.

Di dunia informatika, ada hal yang disebut Sysadmin Fallacy. Kamu tau mas-mas yang kerjaannya nyambung kabel, masang server, segala macam hal yang ngurusin masalah konek-mengonek itu? Dia sysadmin. Kamu melihat kerjaannya hampir ga ada. Abis nancep ini, dia diam dengerin musik di komputer. Kadang kamu ngeliat dia nyante ngerokok, sementara kamu yang, katakanlah pegawe keuangan, ngetik laporan tabulasi pajak 24 halaman.

Kok bisa dia digaji? Pikirmu. Saat itulah kamu terjebak Sysadmin Fallacy. Pecat dia, maka internet kamu ngehang, printer kamu nggak ngeprint, data yang masuk dari klien mendadak nggak ada, dan sebagainya. Fallacy ini terjadi, saat kamu membandingkan cara kerja kamu dengannya, padahal pekerjaan kalian berdua beda. Tidak bisa dibandingkan.

Sama dengan saat kamu ngeliat polisi atau tentara yang kelihatannya nggak ada kerjaan. Nggak becus. Kamu mangkel dan merasa lebih baik mereka nggak ada. Pecatlah mereka, negeri ini langsung nggak bakalan aman. Rampok rogol maling dan semacamnya, bebas berkeliaran karena predatornya hilang.

Itulah mengapa, menjaga negeri yang multi etnis untuk tetap berdiri itu saja sudah merupakan sesuatu yang hebat. Bonus, jika ada pembangunan yang terlihat nyata.

Hari ini kamu masih sempat jalan-jalan atau makan dengan nyaman di negeri yang indah ini, kan?

Maka damailah, dan jagalah keutuhannya. Kamu sudah tinggal di negeri yang hebat, kok. Bener deh.

Cuma kamu aja, mungkin, yang nggak tau…😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: