Posted by: Black_Claw | January 20, 2007

NARUTO DAN HARRY POTTER

jika anda selama ini berpikir bahwa Anime yang paling mirip dengan HARRY POTTER adalah MAHOU SENSEI NEGIMA, well, dude, salah… Salah!!!! Sebenarnya yang paling mirip adalah NARUTO!!!
“Gilaaa…!”
Ya… knapa saya sampai berpikir seperti itu?
Tsk..tsk.. Saya tidak sembarangan bicara, segudang referensi telah saya telaah dalam-dalam hingga membebani fisik maupun mental sehingga tidak heran kalau berat saya turun bulan puasa ini. Sementara Negi membanggakan diri kemiripannya dengan Harry Potter menggunakan Tongkat dan kacamata yang entah dimana gagangnya, Naruto telah Bercosplay Harry ria!
yayaya.. Pokoknya, mari kita lanjut dan masuki pembahasan berikut…

Apa yang melatarbelakangi persamaan ini? Saya tidak tau. Yang pasti, jika kita berpikir secara logika yang terasah dan mendalam, sepertinya titik utama dari segala kegiatan di naruto adalah Ninjutsu, atau lebih berarti Magic Ninja. Entah mengapa, segala tindak-tanduk di naruto terutama saat fighting scene lebih menonjolkan Ninjutsu meskipun ada Taijutsu dan Genjutsu (Genjutsu juga sepertinya bisa dikategotikan menyihir, meskipun saya yakin, Rommy Rafael dan Deddy Corbuizer tidak sependapat dengan saya)
Balik ke topik… Sihir menyihir ala Ninja ini mengingatkan saya pada Harry Potter, walaupun secara Langsung dan tidak Langsung(?). Setelah menelaah lebih dalam, persamaan-persamaan berikut berhasil ditemukan!

ADA SEKOLAH NINJA, ADA SEKOLAH SIHIR
Yeah, meskipun saat buku dimulai, Naruto berada di bagian akhir ujian sekolah Ninja.

NARUTO DAN HARRY
Bapak mereka sama-sama tidak terlalu sering muncul. Jika tanda petir di dahi Harry berarti dia telah menyerap sebagian kemampuan Voldemort, belang-belang di pipi dan Segel di perut Naruto berarti kekuatan Kyubi ada pada dirinya. Mereka juga sepertinya cukup terkenal dengan tanda itu dan membuat mereka mendapat perlakuan khusus yang meskipun berbeda, membuat mereka sama-sama merasa tidak nyaman.

ANBU DAN AUROR
Persamaan yang pertama, adalah nama profesi mereka sama-sama dimulai dengan huruf “A”. Hebat bukan? Pekerjaan mereka sama-sama memburu penghianat, baik di kalangan penyihir maupun ninja.

THE EYE BALL
Jika (film) Naruto memiliki (/terdapat didalamnya) Sharingan dan Byakugan, Harry Potter memiliki Mad-Eye Moody dengan matanya yang mampu menarik hati siapa saja, bahkan Sakura dan Ino. Jika Kakashi memiliki Sharingan Sebelah Mata, mata biru elektrik dari Mad-Eye Moody juga hanya sebelah! Sayangnya, kakashi telah keluar dari Anbu dan Moody juga bisa dianggap keluar, tapi dia bergabung dengan Orde Phoenix, yang mengkhususkan diri mengejar DIA YANG NAMANYA TIDAK BOLEH DISEBUT (iihh.. merinding…). Uniknya, mata biru elektrik Moody memiliki kesamaan kegunaan dengan Byakugan. Sayangnya, dia berwarna Biru, bukan putih. Jika beberapa orang menganggap mata Neji katarak karena berwarna putih, Semua orang di Harry Potter menamai mata Moody Gila dan Menjijikkan.

Note : Kakashi mungkin malu menunjukkan mata merahnya tapi Moody percaya diri dengan mata birunya.

Note EDIT : Pada bagian awal saya tambahkan film. Kredit ke boss alie. memang gaya penulisan seperti itu bisa menimbulkan ambigu. Seharusnya saya tulis “Naruto”. Disini naruto menunjukkan FILM, bukan TOKOH.

KEPALA SEKOLAH
Ya.. Mereka sama-sama tua, selain itu, sama-sama mati.

GRUP
Grup Harry adalah Harry-Ron-Hermione, Grup Naruto (sebelum sasuke minggat) adalah Naruto-Sasuke-Sakura, 2 cowok, satu cewek. Perhatikan nama mereka, ada dua orang yang memiliki huruf depan sama (Harry-Hermione, Sasuke-Sakura) dengan satu cowok yang huruf awalnya lain sendiri (Ron-Naruto). Meskipun begitu, setidaknya Hermione tidak mengejar-ngejar Ron seperti Sakura mengejar-ngejar Sasuke.

SAKURA DAN HERMIONE
Perempuan, Pintar. Apakah mereka kembar?

OROCHIMARU DAN VOLDEMORT
Orochimaru dan Voldemort memiliki banyak persamaan. Keduanya berkaitan erat dengan ular. Manda bahkan memiliki bentuk yang sama dengan Basilisk yang dideskripsikan dalam buku, meskipun basilisk tidak berwarna keunguan. Jika Voldemort berbicara pada Basilisk dengan PARSELTONGUE, Manda berbicara pada Orochimaru dengan SINGLETONGUE (yah, mungkin itulah julukan terhadap ular yang mampu berbahasa Jepang-dengan sentuhan preman).
Jika Voldemort menghabiskan waktu luangnya dengan meloncat-loncatkan rohnya di Horcrux-Horcruxnya yang bertebaran dimana-mana, Orochimaru lebih suka meloncat-loncati tubuh orang lain, dan karena gemar meloncat-loncat, mereka diburu…

MANTRA YANG SELALU DISEBUTKAN
Jika tokoh-tokoh dalam Harry Potter selalu menyebutkan nama sihir mereka, begitupula dengan semua Jutsu di naruto. Jika pada akhirnya tokoh2 di Harry Potter hanya menyebutkan mantranya dalam hati, di Anime dapat kita lihat, beberapa tokoh menyebut nama jurus mereka tanpa menggerakkan bibir.

KACAMATA
Harry mengenakan kacamata dan Naruto mengenakan Kacamata Pilot sebelum menggantinya dengan Head Protector.

PELAHAP MAUT DAN AKATSUKI
Jika semua Pelahap Maut mengenakan Jubah Gelap, setiap anggota Akatsuki berjubah sama gelapanya, dengan ditambah sedikit awan kemerahan. Dua grup ini juga sepertinya sedikit malu dengan mukanya, sehingga menutupinya dengan topi tinggi atau caping. Menu favorit mereka juga sepertinya sama, “MAUT GORENG MENTEGA”

TERSEMBUNYI?
Desa Konohagakure dan Kastil Sekolah Sihir sama-sama segede bandara Soekarno-Hatta tapi entah mengapa sepertinya susah sekali ditemukan…

RAKSASA
Jika semua tokoh di Harry Potter terbiasa dengan Hagrid, Semua penghuni Konohagakure terbiasa melihat bapak Chouji menggunakan Chou-Baika No Jutsu. Keduanya juga sepertinya senang dengan Gaya Rambut Pencinta Alam.

PENYIHIR?
Kita semua sudah tau bahwa sebelumnya, Naruto adalah penihir kecil dalam manga pendek karya Masashi Kishimoto, yang kemudian menjadi Manga Ninja. apakah ini berarti pada seri-seri setelah buku Harry Potter berakhir, J.K. Rowling akan menulis Harry The Ninja???


Responses

  1. Kemungkinan besar memang akan ditulis buku tsb oleh JK rowling.

    Like

  2. Kage bushin no jutsu!!! :))
    Saya baca potter dan manga naruto, tapi baru “mudheng”sekarang

    Ithoy

    Like

  3. ada yang masuk akal

    ada juga yang mokso ha.ha..ha

    Like

  4. Lihat homok yang ngintip. HI MOK!
    OK BTT.

    kesimpulanku atas tulisan blek adalah
    sebagian masuk akal, sebagian nggak masuk akal. Kenapa?

    1. tanda petir di bathuknya harry itu dari Voldermot, kalau naruto bukan dari Orochimaru (ini kalau menyamakan orochimaru dengan Voldermout).

    2. Harry punya wizard staf, kalau Naruto nggak punya (emang mau maksain scroll booknya? Nggak lha yaw).

    3. Naruto suka sama Sakura, tapi Harry tidak suka Hermoine.

    4. Konohagakure bentuknya lebih mirip sebuah kota, sedangkan Hogwarts lebih berbentuk seperti kastil, dan nggak ada gunung pahatan wajah kepala sekolah.

    Like

  5. Bukannya Masashi Kishimoto dalam salah satu fan-pagesnya yang dimuat di salah satu edisi Naruto yang diterbitkan oleh elex memang mengaku bahwa tema ninja merupakan pilihan kesekian dalam menggarap Naruto ?
    Semula mau buat tema samurai–>samurai x duluan keluar
    Tema penyihir–>Harry Potter duluan keluar.
    Mungkin kalau HP dan Naruto barengan keluar bisa dibuat crossover ya, Naruto masuk novel dan HP ada manganya🙂
    Oya salam kenal mas Blackclaw.

    Like

  6. Yo..😀 Salam kenal..🙂

    Like

  7. gokil abiz!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! terus masuk akal juga sih!!! terus banyak persamannya lagi w setuju bgt sama cerita lu

    Like

  8. wk..kk..kk.kk.., anda memang ‘gokil abis’ mas black_claw, gimana untuk selanjutnya antara Spongebob Squarepants & Spiderman…huehehe.. gw yakin banyak banget persamaannya.

    Like

  9. BeNer BAAANGEEEt tuch!!!! Gw jG Pnya PndPT zM kyK Loe!! SmenJak Gw mUlai qUt2an nton NaRutO (-+2 moNth aGo) Gw mUlai neMuin LumayN bYK pRSAMAaN NtARA HP n naruto (g sEbyK Loe sih..). Loe Mank EbAT Bz nGanaLisis Mpe KeSeluRuhan GItu. BRAVO DEH!!!!!🙂

    Like

  10. ada-ada saja..
    haha..
    eh, tambah satu lagi, deng..
    naruto sama harry juga punya pemuja rahasia..
    naruto – hinata
    harry – ginny

    Like

  11. GITU AJA KOK REPOT…………… HE HE HE

    Like

  12. aku seh sudah berpikir dari dulu klo naruto tuh mirip dengan harry potter. tapi pengarang naruto memang bener2 kreatif. salut dech!!. anime naruto meledak di pasaran hingga negeri paman sam. nunggu nich klo ada naruto movie di bioskop mungkin bisa menyaingi harry potter, kudu antre tiket nich dari jauh2 hari sebelumnya

    Like

  13. bagus juga…

    Like

  14. yah, mungkin Mas Kishi sedikit terinspirasi dari bukunya Mbak Rowling yang ngetop banget itu…

    terinspirasi boleh kan?? tapi, jalan ceritanya beda banget menurut gw…

    Like

  15. dancooooookkkkkkkkkkkkkkk kueeeeeeee kabehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh asuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuk

    Like

  16. hahahahah bedanya..

    naruto bukan anbu,
    bapak nya naruto udah mati wktu dya baru lahir,,
    siapa bilang neji katarak?smua kluarga hyuuga matanya begitu,,
    d naruto ad 3 mata special,sharingan,byakkugan,rin negan,dan smuanya punya ciri masing2,,bukan cuma 1,
    akatsuki itu penghianat desa masing2,,pelahap ninja bukan,,
    memang naruto muncul sebagai penyihir,,tapi tidak ad sangkut paut nya dengan naruto dan jalan cerita yang jauuuhh bebrbeda,
    kalau ingin melakukan jurus,,hampir smua ninja memakai segel tangan,,,tpi harry tidak,,
    konoha gakure tida berada d belakang sesuatu seperti sekolah nya harry,,

    hhehe beberapa kesamaan di paksakan,,,
    selamat membandingkan
    biar ga salah pengertian,,ato baca komiknya tyap jumat,hahahha

    Like

  17. Iya. Ente Narutard. Kelihatan kok dari tulisannya yang berciri belum paham tapi komeng.

    Like

  18. “Ninjutsu, atau lebih berarti Magic Ninja. Entah mengapa, segala tindak-tanduk di naruto terutama saat fighting scene lebih menonjolkan Ninjutsu meskipun ada Taijutsu dan Genjutsu”

    lho masak ninjutsu itu diartikan magic ninja??, bukannya ninjutsu = jurus, fisik gitu lho😛, bukan sihir!!

    “Jika Naruto memiliki Sharingan dan Byakugan,”

    lho kok naruto punya Byakugan,?

    Terus musuh terberat naruto kan akatsuki bukan Orochimaru, tapi si pein pain.

    “Desa Konohagakure dan Kastil Sekolah Sihir sama-sama segede bandara Soekarno-Hatta tapi entah mengapa sepertinya susah sekali ditemukan…”

    Lho desa Konohagakure kan engga tersembunyi, mudah ditemukan, buktinya orang biasa banyak yang mnta tolong ke desa itu, ini membuktikan desa itu mudah ditemukan, orang desa Konohagakure ini sangat terkenal di negara Hi.

    Jadi kesimpulannya cerita Naruto ga sama dengan cerita hary, jadi metedologi mu ga diterima😛

    btw, terimaksih passwdnya bos, kok emailnya masuk ke folder spam yah , jadi baru sekarang2 ke baca?

    Like

  19. “lho masak ninjutsu itu diartikan magic ninja??, bukannya ninjutsu = jurus, fisik gitu lho😛, bukan sihir!!”

    fisik taijutsu setahu saya.
    Bukti lain, jika kita mengatakan kuchiyose adalah fisik, saya rasa itu kurang tepat.

    lho kok naruto punya Byakugan,?

    memang gaya penulisan seperti itu bisa menimbulkan ambigu. Seharusnya saya tulis “Naruto”. Disini naruto menunjukkan FILM, bukan TOKOH.

    Terus musuh terberat naruto kan akatsuki bukan Orochimaru, tapi si pein pain.

    tanggal tulisan ditulis mungkin bisa menjelaskan.

    Lho desa Konohagakure kan engga tersembunyi, mudah ditemukan, buktinya orang biasa banyak yang mnta tolong ke desa itu, ini membuktikan desa itu mudah ditemukan, orang desa Konohagakure ini sangat terkenal di negara Hi.

    er, setahu saya itu artinya daun tersembunyi.
    Pada chapter ke sekian, saya lupa tepatnya, pernah dikatakan bahwa desa tersebut rahasia lokasinya. Terjemahan elex.

    btw, terimaksih passwdnya bos, kok emailnya masuk ke folder spam yah , jadi baru sekarang2 ke baca?

    Itu mungkin dikarenakan faktor muka saya bai default.

    Like

  20. Hmm….menarik juga sampe analisanya sampe bisa membandingkan jurus2 yg mereka miliki.

    Sebenarnya akhir2 ini saya juga sering menemukan beberapa persamaan antara Naruto dan Harry Potter. Dalam kasus saya, ini berkaitan dengan masa kecil mereka. Ini berkaitan juga dengan Gaara dan Voldemort. Mereka berempat bisa dikatakan sama2 ‘anak buangan’ tapi bedanya ada yg di pihak baik dan ada yg di pihak nggak baik.

    Harry dan Naruto sama2 pernah dikucilkan karena kesalahan yg nggak mereka buat (Harry dgn keluarga paman-bibinya, Naruto dgn orang2 desa Konoha). Namun mereka beruntung bisa punya teman sehingga perasaan dendam mereka bisa hilang.

    Sedangkan Gaara dan Voldemort tetep kekeh pada pendirian masing2 bahwa semua yg hidup harus mati supaya tidak ada yg saling menyakiti (setidaknya ini lebih kepada pemikiran si Gaara).

    Selain faktor masa kecil, Harry dan Naruto juga sama2 dibesarkan jauh dari takdir mereka. Harry yg namanya sudah terkenal sejak bayi, sengaja tidak dibesarkan di dunia sihir agar dia nggak menjadi sombong atau besar kepala seperti Draco Malfoy itu.

    Sedangkan Naruto tidak diberikan nama family ayahnya yg Hokage ke-4 supaya dia juga nggak jadi besar kepala hanya karena berstatus anak seorang Hokage.

    Selain itu dan juga selain yg sudah anda sebutkan di atas, sebenarnya masih ada lagi cuma agak lupa. Kalo saya ingat akan saya tambah deh.

    Tks ya…

    Like

  21. […] eniwei, setelah membaca Harry Potter ke 7 ini, semakin saya yakin akan teori BlackClaw, tentang kemiripan Harry Potter dan Naruto. Apalagi setelah membaca manga Naruto ch 399-401. Benar-benar apa yang terjadi hampir sama. Sebuah […]

    Like

  22. hmmm… tapi jelas beda dunk,
    sasuke yang ikut orochimaru trus mau menghancurkan konoha. apa ada kesamaannya??
    http://captainaruto.blogspot.com

    Like

  23. ada baiknya anda melihat tanggal kapan artikel ini dibuat sebelum komentar.

    Like

  24. Emmm

    Klo kta Gw c . .
    kaGak mirip_2 bgt. . . .

    Tpi mLumYan Lh Buat Jd Bahn referenSi

    Like

  25. Q ingin deh kalau cerita Uzumaki Naruto (dia itu kakakku lho) he.he.he.he.he.he.he.he . Mohon dong kakakku itu season yg ke 4 dan 5 di tayangin d global. Jam 20.00-21.00.

    Like

  26. wah g ga kepikiran sampai ke situ, soalnya g ga pernah nonton naruto, kata orang sech rame bngt daripada avatar, coz g lbh suka avatar
    g suka bngt harry potter……
    lumayan lah buat bhn bacaan, mas black ok juga……….kesamaan harry dan naruto
    goodluck yaw…..

    Like

  27. hay….. duh aku dah gak sabar nunggu harry potter yg 6 nich! awalnya sih gak suka, tapi setelah baca bukunya dari yang pertama, jadi ketagihan terus. aku jg jarang ntn naruto. dan gak suka juga sih. lbh suka avatar. good luck dh bt harry potter yg filmnya mo ditayangin di bioskop. semoga jadi laris. dhe_ask.

    Like

  28. kocak sih..
    pi ad yg bkin bingun jg….
    n rada d paksa….
    (http://rior06.student.ipb.ac.id)

    Like

  29. hay semua

    Like

  30. Harry Potter Go!!!

    Like

  31. Klo harry punya jurus2nya naruto keren jg tuh

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: