Posted by: Black_Claw | August 4, 2012

Enlightenment, (mungkin) solusi untuk senang-senang di komputer lawas

Ah, rasanya lama sekali draft berisi sebuah video yang saya aplot ke yutub ini nangkring nggak dipublish-publish di blog saya ini. Sejak 2008. Wah, sudah empat taun ya…

*memandang bintang*

*hembus rokok*

Ah, sudahlah, ini dia isinya:

— awal post —

14 Juni 2008, Geubuntu, blog developernya.
— akhir post —

Empat taun berselang, saya lupa tentang draft ini, lupa melanjutkan, entah kenapa. Kemarin hari yang lalu, Boe mengeluh tentang laptop barunya yang katanya lambat. Dia sudah nyoba Unity (ok, enough.😀 ), dan beralih ke Mate karena terlalu berat, kemudian karena tampilan yang kurang afdol atau kemakan omongan kompor Creamy-nya Teguh, pindah ke Cinnamon, dan setelah setres dengan Cinnamon yang masih kurang ngebut, akhirnya masang Gnome bawaan Ubuntu 10.04, dan masih belum puas karena speker laptopnya cuma bisa bunyi kalau dipasangin seri-seri yang diatasnya.

Saya kemudian teringat akan apa yang ini saya tulis empat tahun lalu tapi terlupakan ini. =))

Saya inget bener, laptop yang saya pake itu empot-empotan, ram cuma 512 full shared buat vga sama soundcard, prosesor cuma 1.6, tetapi Enlightenment benar-benar jalan dengan ringan dan indah, walaupun di bagian tertentu kalau prosesnya banyak suka crash.

Saya kemudian mencoba memasang Enlightenment di 12.04, berhasil memang, setelah add ppa dan semacamnya mbuh lupa. Hanya saja, jalannya tidak seperti yang saya harapkan, dan terus terang interface Enlightenment yang baru membuat saya rada pusing. Cari dicari, baca dibaca, ternyata memang Enlightenment telah berubah.

Saya kemudian menemukan video yang saya aplot sendiri di kanal saya di yutub. Ya, video yang diatas itu.:mrgreen:
Dan kemudian membuka tulisan ini, dan menemukan link pembuat Geubuntu, alias Opengeu, yang saya tulis diatas.:mrgreen:
Barulah teringat oleh saya bahwa saya memang dulu juga sial masang Enlightenment di Ubuntu 8.04 atas pesanan siapa juga, lupa.:mrgreen:
Saya kemudian mencari informasi terbaru tentang Opengeu, alias Geubuntu, ada nggak yang versi 12.04?
Ternyata buntung. Wakakakakakakaka!
Ya, sudahlah, akhirnya nyari Distro lain yang mungkin menggunakan Enlightenment sebagai Desktop Manager bawaan. Ternyata ada. Lebih stabil, indah, tema yang bisa didownload segudang, dan pastinya bakal bikin Boe senang. Bodhi Linux.

Saat, booting, beberapa komputer yang menggunakan VGA ATI bakalan sulit booting. Biasanya layar jadi statik, dan proses booting ga jalan-jalan. Bakar saja isonya jadi CD, dan booting pake CD, kemudian saat pemilihan booting yang pake grub itu, pilih bagian yang ada ATI or samting laik det. Saya lupa.

Jika masih gagal juga, anda bisa mencoba menambahkan parameter nomodeset dengan mengubah barisan perintah boot pada grub. Gunakan tombol “E” pada keyboard untuk ngedit. Masih bingung?
Tambahin di sini loh:

linux	/boot/vmlinuz-3.2.0-26-generic root=UUID=1eb1fdb2-fef1-4e5f-b1c8-d4289a5c058d ro 

Nah, beberapa kata seperti quiet, splas, atau samting laik det, setelah ro itu, anda hapus saja, kemudian ganti dengan nomodeset. biar jadi:

linux	/boot/vmlinuz-3.2.0-26-generic root=UUID=1eb1fdb2-fef1-4e5f-b1c8-d4289a5c058d ro nomodeset

Kemudian booting. Baca tulisan di bawahnya untuk tau kombinasi tombol booting.🙂

Nah, setelah diinstal, masalah yang sama akan terulang. Hanya saja, ga enak kan, kalau setiap booting kita ngedit ginian? Makanya kudu dibuat permanen. Ubah saja isi /boot/grub/grub.cfg di bagian yang di atas, kemudian save. Saya rasa layar statik ini muncul kalau driver VGA yang bikin booting jadi bagus itu diload dari kernel tapi karna belum dipasangin ATI Fglrxblahblahblah itu malah jadi ancur.

Btw, jika anda tetap bingung saya ngomong bagian ngedit di atas, anda bisa mencoba membaca tulisan orang yang saya pilih secara random di google ini tentang cara ngedit grub.

Bodhi Linux datang dengan bundel aplikasi sangat minimal. Anda bahkan tidak memiliki pembuka gambar. Anda butuh internet seperti biasa. Anda bisa browsing langsung lewat http://appcenter.bodhilinux.com/, di sana disediakan paketan program yang sudah disediakan dan dapat diinstall dengan satu kali klik tombol. Yoi, termasuk Java yang rese itu.:mrgreen:

Atau anda mau ikut cara saya? Totalnya 1 gigaan, dibagi dalam dua grup.

a. Buat Boe bisa kerja dan menikmati hidup.

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras wine mono-complete gimp inkscape gnumeric abiword audacity audacious ephoto lamp-server^ bodhi-printing p7zip-full totem pitivi vlc avidemux cinelerra lives comix ufraw cinelerra lives xfburn pidgin

B. Buat Boe pamer.

sudo apt-get install bodhi-042 bodhi-awoke bodhi-azenis bodhi-balanzan bodhi-buuf-deuce bodhi-candy bodhi-clarity bodhi-darkfire bodhi-elementary bodhi-faenza bodhi-ffw bodhi-gartoonredux bodhi-gmetalik bodhi-jungle bodhi-lagadesk bodhi-last-amazing-grays bodhi-lynx-black bodhi-mac bodhi-maxo-remix bodhi-nuovext2 bodhi-oxygen-orange bodhi-oxygenrefit bodhi-ubo bodhi-uniblack bodhi-uniblue bodhi-uniwhite bodhi-wood bodhi-theme-1890 bodhi-theme-3dom bodhi-theme-7 bodhi-theme-A-Angelic-v3 bodhi-theme-agust bodhi-theme-ambient bodhi-theme-angelic bodhi-theme-angelic2 bodhi-theme-apple17 bodhi-theme-beauty bodhi-theme-beauty2 bodhi-theme-blingblack bodhi-theme-blingbling bodhi-theme-blue-angle bodhi-theme-boox bodhi-theme-brown bodhi-theme-crema bodhi-theme-dukes bodhi-theme-Earth-Worm bodhi-theme-electric bodhi-theme-elegant bodhi-theme-elitist bodhi-theme-envious bodhi-theme-faces bodhi-theme-genesis bodhi-theme-green bodhi-theme-greyish bodhi-theme-invidia bodhi-theme-japan bodhi-theme-lanoche bodhi-theme-lg2 bodhi-theme-lucax bodhi-theme-luxe bodhi-theme-lynx bodhi-theme-mariad bodhi-theme-metal bodhi-theme-miguel2 bodhi-theme-milky bodhi-theme-moonlight bodhi-theme-moonlight2 bodhi-theme-mystery bodhi-theme-nitrous bodhi-theme-nogal bodhi-theme-passion bodhi-theme-pink bodhi-theme-pinkapple bodhi-theme-rednight bodhi-theme-reminiscence bodhi-theme-sirius bodhi-theme-sky bodhi-theme-smoke bodhi-theme-squiggle bodhi-theme-sunshine bodhi-theme-teknarki bodhi-theme-vice-versa bodhi-theme-white bodhi-theme-wood detourious-theme

Dan kebetulan laptopnya Boe pake Broadcom dan jelas bermasalah. Solusinya seharusnya sama dengan Debian, Ubuntu, dan segala macam turunannya. Untuk Bodhi, ada di wiki situs resminya.

Setelah diinstal dan dioprek beberapa jam, wow!
Sayapun moksa…

Boe berikutnya…


Leave a Reply

Categories

